Peringati Bulan Bung Karno, Anton Charliyan : Mari Hidupkan Kembali Rasa Nasionalisme Pemuda Jawa Barat

Jabarhasanah.com-Sedikit demi sedikit Nasionalisme generasi muda mulai pudar. Disadari atau tidak jika dibandingkan dengan era lalu, rasa nasionalisme antara generasi muda saat ini sangatlah minim. Karena itulah setiap Organisasi Masyarakat (Ormas) dan relawan sosial harus menjadi penyongkong pembangunan, serta menghidupkan kembali rasa nasionalisme dikalangan Pemuda.

Hal tersebut disampaikan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Barat nomor urut 2, Anton Charliyan, seusai menghadiri rapat konsolidasi, di Hotel Swiss Belin, Kabupaten Karawang, Rabu(6/6).

Apalagi, kata Pria yang Akrab disapa Kang Anton, Bulan Juni adalah Bulan Bung Karno, dimana terdapat peristiwa penting yang melibatkan Bapak Pendiri Bangsa Soekarno. Diantaranya, 6 Juni 1901 adalah Hari Kelahiran sosok Proklamator. 1 Juni 1945 juga menjadi momentum Soekarno menyampaikan Pidato di depan Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI tentang Dasar Negara yang kemudian dikenal dengan PANCASILA. Pada Bulan ini juga, Presiden Pertama RI itu wafat, tepatnya tanggal 21 Juni 1971.

“Bulan Bung Karno ini, mari kita jadikan semangat bagi para relawan untuk menghidupkan kembali generasi muda yang nasionalisme,” ungkapnya di sela sela konsolidasi pemenangan.

Menurut Mantan Kepolisian Wilayah (Kapolwil) Priangan, pemuda adalah ujung tombak pembangunan bangsa Indonesia yang lebih baik. Maka itu, harus diberikan bimbingan dan wawasan kebangsaan, supaya pemuda di Jawa Barat tetap memiliki rasa nasionalisme.

“Kita boleh bersaing ketat dalam Pilkada Jabar. Tapi jangan lupa nasionaliame harus tertanam utuh dalam diri kita, ” jelas Kang Anton.

Dewan Pembina Ormas Gabungan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Kabupaten Karawang, Taufik Ismail mengaku, sependapat dengan Kang Anton untuk menghidupkan kembali rasa Nasionalisme di kalangan pemuda Jawa Barat.

“Saya yakin, dengan bersama Kang Anton akan bisa menghidupkan kembali rasa Nasionalisme pemuda Jawa Barat,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu pun, Kang Anton bersama Ormas dan relawan Kabupaten Kerawang tengah merencanakan untuk membuat tempat pembelajaran wawasan kebangsaan bagi para Pemuda di Jawa Barat maupun Kabupaten Karawang.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here